Minggu, 01 Mei 2011

Teknologi Air Bag telah diterapkan di Sepeda Motor

Air Bag, adalah perangkat keamanan yang terdiri dari sebuah tas kain besar yang berisi udara dan memberikan perlindungan bagi kepala dan tubuh bagian atas pengemudi selama tabrakan. Air bag sekarang ini banyak diterapkan pada mobil. Dalam tabrakan dari depan (head-on collision), biasanya pengemudi dan penumpang akan terlempar ke depan di dalam kendaraan. Ketika airbag diaktifkan, airbag langsung mengembang dan menciptakan penghalang yang melawan atau meredam gerakan maju dari pengemudi atau penumpang depan.

Kantong udara tersebut dirancang untuk mencegah pemngemudi atau penumpang depan menabrak kaca depan atau dashboard kendaraan, sehingga mengurangi cedera mereka. Airbag juga dikenal sebagai sistem pengendalian tambahan (SRS, supplemental restrain system), atau pembatasan tambahan karet (SIR, supplemental inflatable restrain).
Kantong udara (airbag) dirancang untuk bekerja bersama dengan sabuk pengaman. Namun, kantung udara sendiri dapat memberikan perlindungan bagi kendaraan penghuni yang tidak mengenakan sabuk pengaman.
Pada tahun 2002 lebih dari 60 persen dari semua kendaraan di Amerika Serikat telah dilengkapi dengan kantong udara untuk pengemudi. Administrasi Keselamatan dan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA, National Highway Traffic and Safety Administration) memperkirakan bahwa pada tahun 2002, airbag telah menyelamatkan nyawa lebih dari 9.000 orang di Amerika Serikat.
Manfaat dari air bag yang sangat signifikan ini telah membawa pemikiran baru tentang penerapannya di sepeda motor. Sebagai salah satunya adalah Air bag yang sekarang ini sudah diterapkan pada sepeda motor, khususnya pada sepeda motor gede (Moge) oleh pabrikan sepeda motor Honda.
Honda telah menerapkan air bag yang dipasang pada tangki, yaitu pada produksi Honda jenis touring Goldwing. Bahkan Pabrikan dengan logo sayap mengepak ini kembali mengembangkan desain airbag baru untuk sepeda motor.
Honda Motor Co divisi roda dua kini sedang mengembangkan kantong udara (airbag) generasi terbaru. Kelebihan teknologi airbag yang baru ini nantinya bisa diaplikasikan ke semua model sepeda motor, terutama yang punya dimensi luas mirip kabin mobil. Bedanya dengan model terdahulu yang ditempatkan di tangki Goldwing, untuk yang baru ini ditempatkan di antara panel instrumen dan setang.
Bentuk airbag baru tersebut cukup unik. Bukan bulat seperti pada umumnya, melainkan berbentuk kotak meninggi sebatas kepala pengendara. Tentu, Anda penasaran, bagaimana ia bisa menahan tubuh manusia. Jadi, ketika terjadi tabrakan, airbag mengembang dan tertahan oleh bodi kendaraan. Hanya, tidak dijelaskan pada kecepatan berapa airbag itu mengembang saat tabrakan.


Dalam gambar ini juga terungkap kantong udara yang mengembang bisa diubah arahnya ke kanan atau ke kiri sesuai arah terlemparnya pengedara. Jadi meskipun arah motor ke kanan tapi pengendara terpelanting lurus, air bag ini akan tetap mengembang mengikuti posisi pengendara.
Tujuannya, airbag diharapkan mampu meredam benturan pengendara yang terlempar ke depan saat motor yang dikendarainya mendadak berhenti akibat menabrak sesuatu.
Sepertinya air bag akan diterapkan ke seluruh sepeda motor dan akan menjadi standar safety sepeda motor dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar