Senin, 04 Juli 2011

Tips Merawat Kendaraan Bermotor

Membeli memang lebih mudah daripada merawat...ini memang benar adanya. Pada umumnya orang mampu membeli sebuah kendaraan, baik berupa kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, tetapi untuk merawatnya tidak telaten dan menunggu kalau kendaraannya sudah rusak.
Kalau sudah rusak ya dibawa ke bengkel...ujung-ujungnya duit..duit.... Pada hal kalau kita dapat merawat kendaraan kita secara rutin dan berkala, maka kerusakan yang fatal seminimal mungkin bisa dihindari.

Nah, ditulisan ini akan saya ulas tentang tips cara merawat kendaraan agar dapat menghasilkan tenaga yang maksimal dan berumur panjang.

1.  Tune Up Secara Berkala
Lakukan pemeriksaan rutin dengan menservice ringan pada kendaraan yang biasanya disebut Tune Up. Tune up  bisa kita lakukan sendiri, kalau sobat ngerti masalah mesin...kalau nggak ngerti ya lebih baik di bawa ke bengkel. 
Tune up secara berkala kita lakukan setiap 3000 - 5000 km. 

2.  Ganti Oli secara rutin
Oli merupakan cairan yang berfungsi sebagai pelumasan pada komponen-komponen mesin. Komponen mesin memerlukan oli, karena komponen ini selalu bekerja dan bergesekan satu sama lainnya.Selain itu, oli juga digunakan sebagai pendingin komponen tersebut. Karena berfungsi sebagai pelumas dan pendingin, maka oli akan cepat kotor dan menjadi encer. Jika hal ini terjadi maka oli tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. 
Oli harus kita ganti kurang lebih setiap 3000 km 

3.  Periksa secara rutin minyak rem pada reservoir (tangki minyak), jangan samapai kehabisan
4.  Periksa ketinggian dari air radiator (bagi kendaraan yang menggunakan pendingin air)

5.  Pada Sepeda motor, ganti secara rutin rantai beserta sproket (sepeda dengan manual transmission) setiap 15000 km, dan ganti secara rutin V belt (sepeda dengan automatic transmission) setiap 25000 km.
6.  Tips yang terakhir adalah jangan lupa isi bahan bakar...kalau mesin bagus tapi kalau ndak ada bahan bakarnya kan percuma...he..he..

Semoga tips di atas dapat bermanfaat...kalau ada yang kurang berkenan boleh dikomentari...

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar