Jumat, 15 April 2011

Tips Merawat Baterai pada Kendaraan

Baterai atau yang lebih dikenal dengan aki adalah alat elektro kimia yang dibuat untuk mensuplai listrik sebagai sumber tenaga pada sistem starter mesin, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen kelistrikan yang lainnya.

Alat ini menyimpan listrik dalam bentuk energi kimia, yang dikeluarkannya bila diperlukan dan mensuplainya ke masing-masing sistem kelistrikan atau alat yang memerlukannya. Karena di dalam proses baterai kehilangan energi kimia, maka sistem pengisian diperlukan untuk mensuplainya kembali ke dalam baterai. Baterai menyimpan listrik dalam bentuk energi kimia. Siklus pengisian dan pengeluaran ini terjadi berulang kali secara terus menerus.
Baterai biasanya hanya mampu bekerja secara maksimal kurang lebih 1,5 sampai 2 tahun selebihnya, (itupun kalau mendapatkan perawatan yang baik) baterai sudah tidak dapat bekerja secara baik. Apalagi jika baterai tidak mendapatkan perawatan yang maksimal, maka umur dari baterai (aki) tidak akan lama, padahal harga baterai semakin hari semakin mahal....
Oleh sebab itu, disini saya mencoba untuk memberikan tips cara merawat baterai agar lebih awet:
  1. Periksa secara rutin kondisi baterai, minimmal 1 bulan sekali (kalau lebih tambah bagus.. he... he...kita periksa terminal pada baterai. Kadang di terminal ini terdapat kotoran berwarna putih maupun warna kuning seperti belerang. Lepas klem terminal dan bersihkan menggunakan amplas atau sikat baja. (Dalam pemasangan klem terminal tidak boleh dipukul loh, nanti malah dapat menyebabkan kerusakan pada aki) 
  2. Periksa pula isi dari elektrolit baterai, isi dari elektrolit baterai harus antara tanda Full an Low, tidak boleh di bawah Low dan juga tak baik kalau di atas Full (sebab kalau terlalu penuh nanti tidak ada ruang kosong untuk reaksi kimia. Kalau isi kurang tambahkan dengan menggunakan air murni atau air aki (kalau beli tutup botol warnanya yang warna biru, jangan yang merah: air zur)
  3.  Periksa juga BJ elektrolit dengan menggunakan hidrometer (BJ elektrolit: 1,25 – 1,27)kalau kurang harus dicharge
  4.  Yang paling penting lagi agar baterai awet; jangan memberikan beban yang terlalu besar kepada baterai; istilahnya over loud.
Semoga tips di atas bisa membawa manfaat bagi pembaca dan bisa dipraktekkan ke kendaraannya masing-masing..

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar